Posts

Showing posts from September, 2016

Milea : Suara dari Dilan

Image
Judul : Milea (Suara dari Dilan) Penulis : Pidi Baiq
Rating : 4/5



"Saat SMA pun aku merasa jadi orang yang mulai berpikir bahwa ketidakpastian tidak akan memakanku hidup-hidup"
Diizinkan atau tidak, saya sudah dan akan meyakini bahwa Dilan itu Pidi Baiq dan Pidi Baiq adalah Dilan. Sekalipun dalam halaman awal buku Milea, Dilan bercerita bahwa penulisan buku ini dimulai dari pertemuannya dengan Pidi Baiq. Oke, anggap saja mereka bertemu dalam pikirannya sendiri, dalam monolog antara Pidi dan Dilan.
Sebagai orang yang sudah membaca Dilan 1 dan 2 saya sedikit banyak penasaran juga dengan buku ini. Dan tidak bisa berlama-lama untuk membiarkannya ngantri dengan buku-buku lain yang padahal sudah saya beli lebih dulu.
Dalam buku sebelumnya, yaitu Dilan 1 dan Dilan 2, Milea bercerita dengan sudut pandang orang pertama. Sehingga apa yang ada di pikiran selain dia tidak diketahuinya, khususnya Dilan. Nah, Pidi Baiq menjawab semua rasa penasaran saya dengan buku ini.
Meskipun diberi judul M…

Nagabumi I : Jurus Tanpa Bentuk

Image
Judul       : Nagabumi I (Jurus Tanpa Bentuk)
Penulis    : Seno Gumira Ajidarma
Penerbit : Gramedia
Rate : 4/5



"Makna datang dari manusia apapun makna yang diberikannya"
Nagabumi I sebenarnya adalah cerita bersambung yang pernah dimuat di harian umum Suara Merdeka, Semarang dari 7 Januari 2007 sampai 11 Maret 2008. Sebagai cerita bersambung Nagabumi I masih mempunyai serial lanjutan berikutnya yaitu Nagabumi II: Buddha, Pedang dan Penyamun Terbang.
Berlatar kerajaan-kerajaan di nusantara dan sekitarnya pada abad ke VII sampai VIII masehi, Nagabumi bercerita tentang seorang pendekar silat yang muncul kembali setelah begitu lama menghilang dari dunia persilatan. Di tengah para pendekar yang kerap menjuluki dirinya sendiri dengan nama-nama aneh sesuai ilmu yang dikuasainya, dia bahkan merasa tidak perlu membuat nama hanya untuk sekadar mempermudah orang lain memanggilnya atau untuk tidak perlu bingung saat memperkenalkan diri dengan orang lain.
Dengan ilmu silatnya yang sangat tinggi …