Tuesday, April 22, 2014

REKOMENDASI BUKU: PETER NIMBLE AND HIS FANTASTIC EYES


Negeri yang paling indah mungkin negeri dongeng, tapi seindah apapun itu tetaplah hanya dongeng.

Novel Peter Nimble and His Fantastic Eyes mungkin bisa menjadi list buku dongeng berikutnya yang bisa dibaca.
Oke ini penampakannya,

dan ini penampakan versi aslinya (yang bukan terjemahan Bahasa Indonesia)
gambar diambil dari sini

Saya suka banget sama buku ini, di satu sisi saya suka cerita tentang anak-anak, dan selain itu saya suka cerita fantasi, imajinasi dan semua embel-embel dongeng yang tidak bisa saya temui di dunia nyata. Secara umum novel ini berkisah tentang seorang anak kecil, buta, tapi punya kemampuan luar biasa dalam hal mencuri dengan keahliannya membuka gembok yang memiliki tingkat kerumitan paling tinggi sekalipun. Selain itu dia yang sesuai judulnya bernama Peter Nimble ini juga punya indra pendengaran dan penciuman yang sangat tajam, lebaynya dia bisa mendengar detak jantung dan mencium bau benda yang menurut orang normal nggak bau apa-apa. 

Selain kemampuan anehnya itu, dia juga dibekali dengan tiga pasang mata ajaib yang bisa dipasangkan ke rongga matanya (ingat Peter Nimble itu buta jadi rongga matanya kosong). Nah, dengan kemampuan uniknya ini Si Peter Nimble menjadi orang terpilih yang diberi tugas memecahkan teka-teki tentang sebuah kerajaan yang hilang.
Seperti lazimnya sebuah buku dongeng, novel ini juga memberikan banyak sekali pesan-pesan sederhana tapi penting untuk direnungkan. Seperti kata-kata berikut ini, yang diucapkan oleh profesor kepada Peter Nimble sebelum memulai petualangannya

"..., Peter Nimble, aku memanggilmu bukan karena kau akan menjadi apa nantinya, tapi karena siapa kau sekarang ini. Kalau kau sampai berada dalam kesulitan, ingat siapa dirimu di atas semua hal lain."

Oke silakan diresapi sendiri apa maksud kalimat tersebut. :D

Pelajaran lain yang diberikan novel ini adalah sesempurna apapun seseorang di mata kita, dia pasti punya kekurangan. Seperti Peter Nimble yang dikisahkan mempunyai kemampuan-kemampuan ajaib yang bisa membuat orang lain iri, tapi ingat satu hal, sebanyak apapun keahlian yang dimiliki orang buta dia juga pasti mempunyai kesulitan-kesulitan karena kebutaannya. Sekarang bayangin kalau kita buta. Gelap.

Keseruan novel ini menurut saya adalah petualangannya memecahkan teka-teki yang membingungkan dari awal. Tapi kebingungan pembaca ini perlahan dipertemukan dengan jawaban-jawaban yang memang di luar dugaan. Ada banyak hal menarik, mengejutkan, lucu, dan tentunya menghibur.
Karena saking serunya sampai-sampai novel ini saya bawa ke kantor, hehehe :D
Oke, saya yakin betul cerita saya di atas nggak menarik banget kalau dibandingkan dengan isi novelnya. Jadi bagi yang tertarik silakan comot bukunya di toko-toko buku terdekat. Atau bagi yang penasaran sama ilustrasinya, ini link book trailernya di youtube  Peter Nimble Book Trailer
Salam dari negeri dongeng :)

Thursday, April 10, 2014

Make It Happen!


 
Judul Buku : Make it Happen
Penulis : Prita Hapsari Ghozie
My Rating on Goodreads : 4/5

Nama Prita Hapsari Ghozie akhir-akhir ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dirinya kerap diundang dalam talk show maupun acara-acara bertajuk perencanaan atau pengelolaan keuangan. Sebagai lulusan  Fakultas Ekonomi UI, beliau ternyata sudah menulis beberapa buku, diantaranya "Menjadi Cantik, Gaya, dan Kaya" dan "Make it Happen!" yang kali ini akan saya review.

Fisik buku ini menarik. Itu salah satu hal yang saya suka. Penulis yang ahli di bidang keuangan ini ternyata juga lihai dalam menata isi buku sesuai dengan pembagian bahasannya. Selain itu warna-warna pada setiap halaman buku dibuat agar tulisan enak dibaca dan mudah dipahami dengan tema abu-abu dan oranye. Saya suka karena buku ini memang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terkesan njelimet meskipun ada hitung-hitungan tentang keuangan.

Saya membeli buku ini pada waktu saya mulai bekerja, berangkat dari niat luhur saya untuk memanfaatkan gaji sebaik dan seefektif mungkin. Untuk pemula dalam hal keuangan, buku ini menurut saya cukup lengkap. Di dalamnya kita akan menemukan secara runtut hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, mulai dari motivasi kenapa kita harus peduli pada keuangan pribadi, sampai masalah investasi untuk dana pensiun.

Canggihnya, mbak Prita ini pintar dalam memaparkan secara sederhana dengan contoh yang tidak muluk-muluk. Meski ada beberapa hal yang menurut saya sedikit ribet untuk diterapkan sehari-hari, seperti saran agar kita mempunyai rekening masing-masing untuk keperluan yang berbeda-beda. Jadi, akan ada rekening belanja rutin, rekening shopping, rekening tabungan, dan rekening-rekening lain sesuai kebutuhan kita. 

Hal lain yang saya suka dari buku ini adalah motivasi untuk berinvestasi dan menabung yang juga dijelaskan dengan contoh-contoh perhitungan sederhana. Secara keseluruhan buku ini mengajak kita untuk teliti dengan penghasilan agar cukup untuk memenuhi gaya hidup di masa kini dan masa mendatang.

PS: nggak ada salahnya buat yang ingin belajar mengatur keuangan pribadi, buku ini cukup mudah dipelajari. -Just because you don't see it, doesn't mean it's not there-